assalamualaikum

Senin, 12 September 2016

Karena Allah SWT maha kaya


Tulisan ini bukan untuk dipuji, bukan untuk dicela, apalagi dikasihani. ini hanya untuk mengingatkan diri sendiri, bahwa keberhasilan itu gak semudah membalikkan telapak tangan. syukur-syukur kalau tulisan ini bisa jadi motivasi untuk orang lain, atau sekedar mengiyakan :)

by the way, gue dini. hari ini, saat gue nulis blog ini, gue udah masuk kuliah di semester 7, gue udah kerja 2 tahun jadi admin di sebuah perusahaan, tapi untuk ada dititik ini semua itu gak mudah menurut gue, bukan berarti gue mengeluh sulit.

gue punya ibu yang beda sama ibu-ibu temen-temen gue, gue punya bapak yang berprofesi sebagai tengkulak, tapi gue punya mimpi yang ketinggian,
saat lulus SMK gue pengen kuliah, gue pengen dengan gue jadi sarjana gue bisa dapet kerja yang enak, yang gue inginkan, dan gue pengen orang tua gue bangga dengan keberhasilan gue jadi sarjana.

oleh karena itu, gue mulai kerja di pabrik biskuit meskipun ijazah SMK gue belum turun, gue ngelamar pake surat kelulusan, alhamdulillah gue di terima, dan gue mulai mengutarakan keinginan gue mau kuliah sama orang tua gue, tapi ibu gue ga setuju, karena ibu gue maunya gue kerja dulu dan bantuin perekonomian mereka. tapi gue tetep nekat buat kuliah, dan akhirnya gue beli formulir pendaftaran di unindra, tapi sayangnya formulir yang gue beli itu khusus perkuliahan reguler, yang senin-jumat, dan kalau gue tetep kuliah, gue ga akan bisa kerja, kalo gue ga kerja gue gabisa bayar kuliah, dan gue gabisa bantu orang tua gue.
akhirnya gue putusin buat gajadi kuliah di tahun ini, gue mulai mengumpulkan uang dengan hasil kerja gue di pabrik makanan, dan alhamdulillahnya dari semenjak lulus smk gue ga pernah nganggur, dari pabrik makanan gue pindah kerja ke pabrik elektronik, dengan gaji yang 3 kali lipat, alhamdulillah gue bisa mendaftarkan diri di universitas mh thamrin jakarta. gue kuliah hari jumat sore-sabtu siang-minggu pagi, ga mudah buat menyesuaikan jadwal kuliah dan kerja, tapi gue tetap semangat, karena gue yakin gue bisa.

alhamdulillah gaji dari kerja di pabrik elektronik bisa gue kumpul buat bayaran kuliah 2 bulan kedepan setiap bulannya, tapi sebelum gue mulai masuk perkuliahan gue sempet sakit, KGB-TBC, dan akhirnya gue harus di operasi, alhamdulillah biaya operasi gue di tanggung pt. X sebesar 70% , tapi tetap uang yang gue kumpul buat kuliah akhirnya kepake buat pengobatan 30% nya, setiap minggu gue harus berobat jalan, setiap hari gue harus minum 7 jenis obat, dan setiap obat yang gue minum membuat perut gue mual, dan sekitar gue pun mengasihani gue, bagi gue melewati masa itu gak gampang. setiap harinya gue sakit-sakitan, cape dikit gue pingsan. tapi gue yakinin diri gue kalo gue gaboleh lemah. sampe akhirnya gue bisa melewati semua itu, 7 bulan pengobatan jalan gue selesai. gue juga bisa kuliah dengan normal, gue bisa bayar kuliah dengan hasil kerja gue tiap bulannya, walaupun gue ga punya tabungan lagi.

2014 gue habis kontrak dari pabrik elektronik, alhamdulillah seminggu kemudian gue udah dapet kerja lagi sampe detik ini. gaji yang gue dapet cuma 1,5 jt. dengan gaji itu gue harus bayar kuliah 500 rb, bayar cicilan motor 700 rb, kasih ibu gue 100 rb, bayar listrik 100 rb, dan sisanya buat ongkos gue kuliah dan kerja. itu gak gampang banget buat gue, gue harus merih semerih-merihnya, gue harus kerja rajin biar dibaikin orang, biar gue tetep bisa kerja, tapi alhamdulillah gue selalu yakin kalo gue punya allah yang maha kaya, yang bisa membuat semua kesulitan menjadi mudah.

2015 gaji gue naik jadi 1.8 jt, dan gue masih tetap merih, gue gabisa bergantung sama siapapun, gue ga akan tega minta duit sama orang tua gue buat tetap bisa bayar motor atau kuliah, sisa sia gaji gue pun gue simpen buat jaga-jaga kalo gue abis kontrak dan susah nyari kerja lagi, seenggaknya gue ada cadangan buat bayar motor sebulan ke depan,
tapi terkadang memang ingin tak sesuai dengan kenyatan, udah kali ke 3 duit tabungan gue lenyap gitu aja buat nebus laptop gue yang di gade sama orang yang pengen gue banggain :( bukan sekedar sedih duit tabungan habis, tapi gue juga kecewa banget, seakan gue berjuang untuk sukses tapi gak di dukung :(

tapi dengan keyakinan gue yang tetap sama gue selalu merasa mudah disetiap kesulitan gue, dan akhirnya gue bisa pada masa semester 7 dengan cicilan ke 21 motor gue, dan semua karena keyakinan gue kalo allah maha kaya, dialah dan hanya dia yang bisa bikin gue semudah ini.

dari kecil gue emang udah biasa hidup merih, di SD gue ga akan punya buku sebelum bapa gue nyari duit buat beli buku, bahkan baju seragam pun gue pernah dikasih sama wali kelas, tapi gue bersyukur dan gue bahagia, yang penting gue bisa terus belajar dan alhamdulillah gue bisa juara 3 nem tertinggi saat ujian nasional SD. semua berkat guru bahasa inggris gue yang semangat memberikan materi-materi saat les di jam 6 pagi setiap harinya. terimakasih banyak untuk ibu anita.
gue pun lulus SD dan masuk SMPN 12 depok, ngga mudah buat masuk sekolah itu , setelah 5 hari nama gue bertahan di papan pengumuman, akhirnya di hari penentuan gue pun harus gugur karena gue ada di urutan 351, sedangkan yang diterima 350 siswa.
sedih banget, tapi ibu gue semangat banget buat perjuangin gue masuk smpn 12, dewi fortunapun datang, banyak calon siswa yang mengundurkan diri, dan akhirnya gue pun di terima di smpn 12 depok,

saat gue smp, baju seragampun gue ga dapet karena belum bayar, saat temen-temen gue kumpul buat ngukur baju, gue di tolak mentah-mentah sama si ibu penjahit baju karena gue belum bayar seragam. tapi seorang guru bernama ibu prapti merangkul gue dengan hangat, membuat gue kuat untuk nahan air mata gue saat itu.
duit jajan gue dikit, pulang sekolah gue jalan kaki, dan sepatu baru pun gue gak punya, gue pake sepatu bekas kaka gue, yang satu udah kesempitan tapi tetap gue paksain, dan yang satu lagi bawahnya udah bolong, jadi setiap hari gue sekolah kaki gue pake pelastik di dalem sepatunya, biar kaos kaki gue ngga kotor. buku paket gue ga mampu beli, gue sedih, sedih banget, tapi alhamdulillah gue bisa melewati semua itu, gue punya temen-temen yang baik-baik banget di smpn 12, banyak mereka yang minjemin buku buat gue, love you more :)

3 tahun berlau, gue pun lulus dari smpn 12 depok dengan nilai yang maksimal, gue mulai melanjutkan pendidikan gue di smkn 1 depok.
dengan mudah gue masuk ke smkn 1 depok karena nilai gue yang cukup tinggi, dan karena gue lulusan smpn 12 depok yang notabenenya adalah sahabat terbaik dari smkn 1 depok,
di smkn 1 depok, gue belajar seperti murid umumnya, ongkos yang bapa gue kasih cuma 5 rb, kadang 7 rb.
dari rumah sampe eimpangan -+ 1 kilo gue jalan kaki, dari simpangan gue naik angkot bayar 1 rb, begitupula sebaliknya, gue jajan juga cuma secukupnya, kadang masih ada sisa dari duit ongkos gue, gue tabung buat gue beli buku LKS kalo bapa gue lagi ga ada duit. di smk juga gue beli sepatu baru dan tas baru juga pake duit tabungan gue sendiri, gue selalu belajar merih. dan alhamdulillah gue sanggup melewati kemerihan gue dengan mudah. dan akhirnya 3 tahun sekolah di smkn1 depok, gue pun lulus dan melanjutkan kuliah dengan biaya gue sendiri.

mungkin semua ini terlihat sepele, tapi bagi gue yang menjalaninya engga semudah itu, gue harus berjuang melawan keinginan dan semua rasa gengsi gue, tapi karena gue selalu yakin kalo gue punya allah yang maha kaya, gue pun bisa dengan begitu bersyukurnya melewati kesulitan ini.

Terimaksih untukAllah SWT, terimaksih untuk ibu bapak, dan keluarga tersayang, aku janji akan membanggakan kalian semua *bighug
terimakasih untuk guru-guru di SDN Cilangkap VIII, terutama bu Anita, terimakasih untuk guru-guru di SMPN 12 Depok terutama bu prapti, terimakasih untuk guru-guru di SMKN 1 Depok, dan terimakasi untuk semua dosen di Universitas MH Thamrin jakarta, terimakasih untuk semua teman yang berhati emas, dan terimakasih untuk pembaca.

semoga tulisan ini ga pernah menimbulkan celaan bagia kalian semua yang membacanya, karena mandiri sejak dini itu sangat membanggakan. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar