assalamualaikum

Senin, 17 Oktober 2016

KOTA INDRAMAYU, KOTA BUDAYA


Hasil gambar untuk indramayu

TENTANG INDRAMAYU

   Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dengan Ibukotanya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan, Kabupaten Indramayu sendiri berbatasan dengan Laut Jawa disebelah utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka berada di sebelah selatan, serta Kabupaten Subang disebelah barat.
    Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Hari jadi kabupaten Indramayu dalah 7 Oktober 1527. Indramayu berada di Provinsi Jawa Barat yang notabene adalah tanah pasundan yang berbudaya dan berbahasa sunda. Namun sebagian besar penduduk Indramayu menggunakan bahasa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya Basa Dermayon.
           Dalam bahasa Cirebon dialek Indramayu, tata bahasanya terbagi menjadi dua yaitu Basa Besiken yang digunakan untuk berbicara secara resmi untuk menghormati lawan bicara, dan Basa Ngoko, yaitu bahasa yang digunakan sehari-hari dalam pergaulan. Dibagian Selatan dan Barat Daya kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa Sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu yang disebut Sunda Parean.

SENI DAN BUDAYA KABUPATEN INDRAMAYU

        Penduduk Indramayu merupakan campuran antara Suku Sunda dan Suku Jawa sehingga budaya yang tumbuh dan berkembang merupakan bentuk implementasi masyarakat setempat yang dipengaruhi oleh Kebudayaan Jawa dan Kebudayaan Sunda, atas percampuran Kebudayaan Sunda dan Kebudayaan Jawa, Indramayu menjadi kabupaten yang kaya akan budaya, bisa disebut Kota Indramayu adalah kota budaya.
Berikut adalah Kebudayaan di Indramayu, diantaranya:
  1. Organ Tunggal
    Hasil gambar untuk organ tunggal indramayu
    Kesenian Organ Tunggal adalah pentas music diatas panggung dengan menggunakan Organ yaitu alat music besar seperti Piano Elektronis. Organ Tunggal biasa dipentaskan di hampir setiap acara, seperti acara tujuh belasan/ acara kemerdekaan Indonesia, acara Hajatan Pernikahan ataupun Hajatan Khitanan, kesenian Organ Tunggal ini juga sering ditampilkan secara berkeliling di kampung-kampung. Organ Tunggal ini sudah sangat terkenal dibeberapa pelosok penjuru, di Kota-kota besar sampai kota kecil di luar kabupaten Indramayu itu sendiri, salah satunya di Kota Depok, di Kota Depok pun kesenian Organ Tunggal khas Indramayu ini cukup diminati untuk acara-acara besar.
  1. Tari Topeng
    Hasil gambar untuk tari topeng indramayu
    Seni tradisional lainnya adalah seni Tari Topeng. Kesenian ini adalah kesenian asli Cirebon, termasuk Indramayu. Tari topeng adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan, dengan cirri khasnya penarinya menggunakan topeng saat menari. Tari topeng dapat dimainkan oleh satu penari (solo) dan bisa juga dimainkan oleh beberapa orang. Tari Topeng memiliki banyak ragamnya, salah satu jenisnya adalah Tari Topeng Kelana Kencana Wungu yang merupakan rangkaian Tari Topeng gaya Parahyangan yang menceritakan kisah Ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh Prabu Menak Jingga yang tergila-gila kepadanya. Pada dasarnya, masing-masing topeng dapat menggambarkan karakter dari masing-masing manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna baru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Menak Jingga (Kelana), dengan topeng warna merah mewakili karakter berangasan, temperamental, dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja. Ciri khas lainnya dari Tari Topeng adalah gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan music yang didominasi oleh kendang dan rebab.  Kesenian Tari Topeng ini sering dipentaskan di acara-acara resmi daerah, ataupun moment tradisional lainnya. Sanggar Tari Topeng yang terletak di Indramayu adalah sanggar tari Mimi Rasinah, yang terletak di Desa Pekandangan, Indramayu
  1. Sintren
    Hasil gambar untuk sintren indramayu
    Kebudayaan Jawa lainnya adalah Sintren, Sintren adalah kesenian tradisional masyarakat Jawa, khususnya Pekalongan. kesenian ini terkenal di pesisir Jawa Tengah dan Jawa Barat, diantaranya: Pemalang, Pekalongan, Brebes, Banyumas, Kuningan, dan Indramayu.Sintren disebut juga dengan Lais.
  1. Sandiwara
Hasil gambar untuk sandiwara indramayu
       Sandiwara adalah keseninan yang mempertunjukkan pentasan sebuah cerita, biasanya tentang  kisah legenda dan sejarah. 
     5.  Ngarot
Hasil gambar untuk ngarot indramayu
        

Ngarot adalah sebuah upacara yang sudah ada sejak abad 16 hingga saat ini masih ada dan masih diselenggarakan, terutama oleh masyarakat desa di Kecamatan Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Tujuan dari upacara ini agar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah, upacara adat ini dilaksanakn setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dimana pesertanya adalah kaum muda-mudi dengan kostum yang khas.
        Ngarot di rintis kuwu (Kepala DEsa)pertama Leleayang bernama Canggara Wirena, tahun 1686, awalnya upacara ngarot diadakan sebagai arena pesta minum-minum dan makan-makan di kantor desa sebelum para petani mengawali menggarap sawah. namun seiring perkembangan, saat ini upacara ngarot bukan lagi untuk pesta minum-minum dan makan-makan, melainkan untuk mencari jodoh atau pendamping hidup
     6.   Nadran
Hasil gambar untuk nadran indramayu
       
Nadran merupakan upacara cerminan dari sebuah hubungan manusia dengan sang pencipta berupa rasa syukur atas hasil tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkatnya hasil dimasa mendatang dan dijauhkan dari bahaya dalam mencari nafkah di laut. Biasanya upacara ini dilakukan pada bulan Oktober sampai Desember di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel, dan Ujung Gebang.
     7.   Tarling
Hasil gambar untuk tarling indramayu
 Tarling merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini kesenian Tarling sudah menggunakan alat musik modern.
    8.    Genjring Akrobat
          
Hasil gambar untuk genjring akrobat indramayu
Genjring Akrobat merupakan pertunjukkan berupa akrobat atau atraksi dengan media tangga, sepedah beroda satu, dan sebagainya. kesenian ini dilakukan dengan iringan musik genjring/arebana dengan dilengkapi tari rudat.

CINDERA MATA KHAS INDRAMAYU
Indramayu memiliki cindera mata yang sering diburu wisatawan, diantaranya:
1.  Batik Tulis Paoman
Hasil gambar untuk batik tulis paoman indramayuBatik Tulis ini memiliki corak perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni, dan lingkungan kehidupan daerah pesisir, serta ditambah dengan adanya pengaruh dari luar seperti Cina, Arab, dan Timur-Tengah, Hindu-Jawa, serta Eropa.








2.  Kerajinan Bordir
Hasil gambar untuk kerajinan bordir indramayu
Kerajianan Bordir Indramayu terletak di Desa Sukawera, Kecamatan Widasari












WISATA DI INDRAMAYU
1.  Pulau Biawak
sumber: wisatapulaubiawak.wordpress.com
Pulau Biawak adalah sebuah kepulauan kecil yang terletak sekitar 40 km arah utara dari Indramayu. Ada 3 pulau yang ada di kawasan tersebut yaitu Pulau Biawak, Pulau Gosong, dan Pulau Candikian. Nama Pulau Biawak sendiri diambil karena banyaknya biawak yang mendiami pulau dengan pemandangan alam yang cantik ini.

2.  Pantai Tirtamaya
sumber: www.disparbud.jabarprov.go.id
Pantai Tirtamaya terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Indramayu.
3.  Pantai Balongan Indah
sumber: indrawarta.blogspot.co.id
Pantai Balongan Indah atau yang biasa disebut dengan Pantai Bali (Balongan Indah) terletak di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.
4.  Pantai Blayem
sumber: cirebon.biz
Pantai Blayem terletak tidak jauh dari Pantai Tirtamaya yaitu di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Ombak yang ada di Pantai Blayem ini relatif kecil karena telah dibangun pemecah ombak disekitar pantai ini
5.  Hutan Mangrove Karangsong
sumber: andromedocahyo.blogspot.com
Hutan Mangrove Karangsong merupakan salah satu tempat wisata favorit baru di Kabupaten Indramayu yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong yang berlokasi di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.
6.  Situs Buyut Banjar
sumber: www.wovgo.com
Situs Buyut Banjar terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Tempat ini merupakan makam Pangeran Surya Negara atau yang biasa dikenal dengan nama Buyut Banjar. Dia merupakan seorang patih yang diutus Sunan Gunung Jati untuk mengatasi masalah banjir disekitar wilayah tersebut
7.  Pantai Lemah Abang
sumber: www.bloggermangga.com
Pantai Lemah Abang terletak di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eretan, Kabupaten Indramayu
8.  Taman Cimanuk
sumber: www.kotaindramayu.info
Taman Cimanuk merupakan ikon baru di Kabupaten Indramayu yang dibangun dipinggiran Sungai Cimanuk. Taman Cimanuk terletak di Jalan Veteran persis dibelakang Masjid Agung Indramayu
9.  Waterboom Bojongsari Indramayu

sumber: www.tosupedia.com
Waterboom Bojongsari Indramayu (WBI) adalah merupakan taman bermain air atau waterpark baru yang ada di Indramayu. WBI dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kolam renang, waterboom, bungee trampolin, kolam arus sampai dengan karaoke keluarga

10.  Waduk Cipancuh
sumber: www.flickr.com
Waduk Cipancuh terletak di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. Waduk yang mempunyai luas sekitar 70 hektare ini dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1927 yang difungsikan sebagai sarana irigasi untuk wilayah disekitarnya.


Jadi Kota Indramayu menarik sekali bukan? selain letaknya yang strategis, Kota Indramayu juga menjadi Kota Budaya, kota yang kaya akan budaya dan wisata ini memilik daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jadi masih ragu main ke Indramayu? bisa wisata sambil mempelajari budaya Kota Indramayu, seru bukan? Yuk ke Indramayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar