assalamualaikum

Sabtu, 05 Agustus 2017

Gunung Kapur KlapaNunggal (Spot hunting instagramable ala anak Bogor)

gunung kapur klapanunggal,
awalnya cuma pernah liat gunung yang bekas pertambangan ini saat lewat sepulang dari curug country jonggol, sempet mikir "pengen banget kesana, pengen hunting foto disana, tapi takut gak boleh". terus udah semua itu berbulan-bulan cuma jadi mimpi. tapi semenjak liat postingan kak megyna di instagram @ig_cicil, dia pernah sempet kesana ternyata, dan foto disana emang keren bgt. spotnya unik. dari situ langsung nekat mau dan harus kesana (titik).
..
akhirnya tepat tanggal 18 februari 2017, bermodal nekat, dan rute alamat yang di tulis di kertas (selalu pake kertas kalo kemana-mana, karena biasanya kalo udah ke pelosok-pelosok signal hp udah ga dapet, jadi gak bisa buka maps).
dadakan banget, jam 8 pagi gw sms desty ngajak hunting, terus  desty mau, dan jam 10 kita jalan dari rumah. cuma bawa bekel air minum doang, kita nekat kesana naik motor kesayangan..
..
..
Gunung kapur klapanunggal terletak di kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, letaknya di area pertambangan PT. Indocement Tunggal Perkasa TBK. meskipun disebut gunung, tapi tidak setinggi gunung-gunung yang mendunia saat ini. gunung ini berbentuk tebing tebing yang memiliki ketinggian 1 pitch atau 45 meter dengan jenis bebatuan kapur serta tingkat kesulitan yang cukup tinggi.
.
.
gunung yang kini berbentuk tebing-tebing sisa akibat pertambangan ini menjadi salah satu objek spot foto yang instagramable banget guys. gimana enggak, tebing-tebing sisa pertambangan yang sedikit dihiasi rerumputan hijau memang sangat mempesona saat di potret dari sudut manapun, ga percaya ? buktiin aja !
selain tebing, gunung kapur klapanunggal juga dilengkapi dengan danau yang airnya hijau jernih.
.
.
akses kesini emang cukup sulit menurut gw, karena saat itu gw guess the trick alias menebak nebak, nyasar-nyasar nyari jalan. nanya orang sana sini, ada yang ngasih jalan bener-ada yang salah. tapi hal itu gak mengurungkan niat gw buat hunting di spot kece ini. gw dan desty terus aja menelusuri jalan, jalan yang rasanya jauh banget, yang belum pernah gw lewatin, yang gw sendiri gak tau itu dimana.
.
.
Gw berangkat dari Depok, Rute yang gw ambil yaitu jalan citereup, dari pintu tol citereup gw lurus terus ke arah pasar citereup. terus aja lurus sampe ketemu pertigaan (kanan ke pasar, kiri ke pt indocement), ambil kiri. dari situ lurus aja terus sampe ketemu PT Indocement, dan setelah ketemu indocement gw nyasar. maaf banget karna gw gabisa jelasin rutenya, karna gw sendiri lupa, karna saat itu gw cuma nanya orang-orang disekitar,. apa yang mereka bilang gw ikutin, walau akhirnya nyasar lagi, dan nanya lagi, gitu aja terus. tapi emang aksesnya lebih mudah lewat rute cibubur/cileungsi, lebih mudah lagi diakses pake angkot, karna gak perlu ribet-ribet parkir motor, sekilas info, ini bukan tempat wisata yang ada penitipan motornya, jadi kalau kita bawa motor , kita ga bisa sampe naik ke tebing, dan gak mungkin juga kita tinggalin motor jauh-jauh. jadi waktu itu gw pun ga bisa naik ke tebing. cuma bisa di bawah aja, gak sampe naik ke gunung kapurnya, karna ga ada jalan yang bisa di akses pake motor, karna saat itu jalannya semua berlubang dan banjir.
.
.
kalau kalian naik angkot, dari arah depok/jakarta kalian bisa naik angkot jurusan terminal cileungsi, dan turun di terminal cileungsi, dari terminal kalian cukup naik angkot 42 sekali, dan nanti kalian akan diberentikan di pinggir jalan , karena buat sampe ke gunungnya kalian harus nyebrang sawah dengan berjalan kaki.
.
.
Dan sesuai rencana awal, kalo kita kesini buat hunting foto, dan ini hasil foto dengan spot gunung kapur klapanunggal..
cekidott...



ini spot pertama yang gue datengin saat sampai di kawasan pertambangan ini,
.
lanjut jalan lagi sampe ketemu spot ini:


gue suka banget sama spot ini, karna viewnya jelas banget tebing-tebing gunung kapur bekas pertambangan, dan disitu juga ada danaunya.. instrgamable banget !

setelah cape foto-foto, dan patah semangat karna ga dapet jalan menuju ke tebing atas, jadi gue dan desty pun memutuskan untuk pulang, and then saat perjalanan pulang kita ketemu sawah terbentang luas dengan padinya yang ijo nya seger banget, gue dan desty pun memutuskan untuk foto dulu disana.. sebelum akhirnya melanjutkan jalan pulang.
.
sekian petualangan dadakan ala tahu bulat dari gue dini dan dia desty.
.
.
.
semoga kalian ga bosen bacanya, dan senang melihatnya.
.
.
note: pesan gue kalo mau ke gunung kapur klapanunggal :
1. bawa stok makanan dan minuman yang cukup
2. bawa payung
3. jangan lupa pake sunblock
4. bawa semua perlengkapan foto lu
5. pake celana panjang, kaos lengan panjang, sepatu kets
6. persiapkan rute jalan, jangan sampe nyasar kayak gue
7. jangan sendirian, terutama cewek (karena disana jauh, sepi, dan banyak cowok-cowok tukang pertambangan) jadi jangan memberikan kesempatan buat orang berbuat jahat ya girls. safety terus. dan salam lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar